(024) 7460017 wcu@live.undip.ac.id

Summer Course Program 2021

Visi Undip untuk masuk ke dalam top 500 dunia, tertuang jelas pada Renstra tahun 2020-2024, sehingga kegiatan-kegiatan akademik yang dilakukan perlu untuk mengacu pada indikator perangkingan yang meliputi: program peningkatan (1) reputasi akademik, (2) reputasi lulusan, (3) publikasi dan sitasi, (4) mahasiswa internasional dan (5) fakultas internasional. Berbagai kegiatan telah direncanakan guna mendukung indikator tersebut dan khusus untuk kegiatan mahasiswa internasional, dengan menggunakan data tahun 2020, jumlah mahasiswa internasional di Undip mencapai 500 mahasiswa. Nampaknya jumlah ini belum cukup untuk dapat menaikkan peringkat Undip untuk mencapai peringkat 800 dunia yang membutuhkan jumlah mahasiswa internasional sebanyak 2-3 kali lipatnya. Program beasiswa dan program summer course telah ditawarkan untuk mendongkrak jumlah ini.

Model partisipasi mahasiswa internasional dalam summer course di Undip pada tahun 2021 ini adalah dalam bentuk online yang diharapkan setiap fakultas dapat menyelenggarakan 2 macam summer course dengan rata-rata perolehan mahasiswa asing sebanyak 80 mahasiswa asing per fakultas. Padahal rata-rata mahasiswa asing per fakultas pada tahun 2020 adalah 45 mahasiswa, yang artinya perlu strategi yang sangat matang. Berdasarkan visibility tracer yang telah dilakukan, dapat diketahui hanya 3 fakultas yang mempunyai skor dengan kategori baik, sedangkan yang lainnya masih dalam kategori skor yang perlu ditingkatkan. Nilai ini sangat mempengaruhi ketercapaian jumlah mahasiswa yang terlibat. Oleh karena itu, perlu ada upaya perencanaan yang bagus untuk memperoleh jumlah mahasiswa asing sesuai target.

Model Pembelajaran Online Summer Course

Summer Course yang dilaksanakan dapat menggunakan model pembelajaran online dengan media Zoom, Microsoft Teams, dan juga system synchronous method berbasis Moodle seperti Kulon2 dan MOOCS yang telah tersedia dan siap digunakan. Pola pembelajaran summer course diserahkan sepenuhnya pada keputusan panitia tiap fakultas yang selanjutnya dapat berkoordinasi dengan LP2MP.

Prinsip yang dilakukan dalam program summer course tahun 2021 ini adalah untuk mendapatkan mahasiswa asing dengan meningkatkan kualitas kerjasama yang telah dibangun oleh fakultas masing-masing. Artinya, fakultas perlu berorientasi terlebih dahulu dengan MoU yang telah dimilikinya yang akhirnya dapat meraih reciprocal program yang tidak hanya dibutuhkan oleh Undip, namun juga universitas partner. Perlu disampaikan bahwa selain mahasiswa asing yang didapat, maka pelaksanaan summer course ini dapat meningkatkan jumlah dosen asing yang terlibat dalam program ini sebagai narasumber. Narasumber asing ini dapat difasilitasi melalui pertanggungjawaban keuangan universitas.

Persyaratan Penyelenggaraan Kegiatan

  1. Program summer course harus mewakili dan diusulkan oleh fakultas/sekolah.
  2. Setiap fakultas/sekolah dapat menyelenggarakan 2 summer course program atau lebih.
  3. Peserta kegiatan adalah mahasiswa asing yang berada di luar negeri  dengan jumlah paling sedikit 40 mahasiswa asing per fakultas/sekolah. Mahasiswa asing peserta summer course adalah WNA yang berkedudukan di luar negeri dan bukan merupakan mahasiswa salah satu PT di Indonesia.
  4. Informasi kegiatan summer course harus dikoordinasikan dengan IO universitas untuk dapat diakses secara online di website summer course IO. . Registrasi mahasiswa asing melalui https://admission.undip.or.id/

 

Tujuan

  1. Meningkatkan jumlah inbound international student dan international faculty staff dari universitas di luar negeri dengan metode online.
  1. Membangun program yang bertemakan bidang unggulan di fakultasnya masing-masing.
  2. Membangun reputasi Undip di dunia internasional dan sebagai wahana promosi akademik serta sebagai program untuk mengintensifkan MoU yang telah ada.

 

Mekanisme

Mekanisme dan rancangan yang dilakukan pada kegiatan ini sebagaimana tujuan yang diinginkan di atas adalah:

Tahap Kegiatan Waktu
Sosialisasi program Februari – Maret 2021
Batas akhir penerimaan proposal Batch I 15 April 2021
Pengumuman Batch I 23 April 2021
Batas akhir penerimaan proposal Batch II 15 Juni 2021
Pengumuman Batch II 30 Juni 2021
Batas akhir penerimaan proposal Batch III 25 September 2021
Pengumuman Batch III 30 September 2021
Pelaksanaan kegiatan April – Oktober 2021
Monitoring dan Evaluasi 21 Juli 2021 dan  01 November 2021
Batas Akhir SPJ Final 19 November 2021

 

Syarat Pengusul Program

    1. Pengusul merupakan wakil dari program studi, departemen, fakultas atau unit pelaksana di Undip yang diajukan oleh pimpinan fakultas/sekolah atau unit.
    2. Mempunyai laman/website khusus yang terintegrasi dengan domain undip.ac.id mengenai deskripsi summer course dalam Bahasa Inggris yang disertai dengan PDF leaflet kegiatan.
    3. Menampilkan topik kegiatan yang dapat diarahkan pada kearifan lokal dan center of excellent masing-masing fakultas/sekolah/unit dan harus dikaitkan dengan implementasi program SDGs.
    4. Kegiatan summer course dapat dikonversi ke satuan kredit minimal sebanyak 2 SKS (atau setara dengan minimal 90 jam).
    5. Proposal dalam bentuk softcopy dapat diajukan melalui link bit.ly/PropWCU2021 dan dikirimkan melalui email ke wcu@live.undip.ac.id cc warek4@live.undip.ac.id dan io@live.undip.ac.id dengan subjek “Proposal Summer Course 2021”

 

Luaran Program

Luaran yang harus dihasilkan oleh penerima program:

  1. Menghasilkan 1 buah laporan kegiatan berbahasa Indonesia
  2. Menghasilkan berita berbahasa Inggris dan diupload di website domain undip.ac.id
  3. Mempublikasikan kegiatan di website universitas partner.
  4. Membuat video hasil summer course dan dikoordinasikan dengan Humas Undip untuk dipublikasikan dalam akun medsos official Undip (Youtube, Instagram, Facebook, Twitter).

Pendanaan

Sumber Pendanaan berasal dari Undip dengan skema program WCU.

  1. Total dana maksimal sebesar 30.000.000,-  (tiga puluh juta rupiah)
  2. Komponen pembiayaan mengikuti pedoman SBU yang berlaku di Undip.

 

Tata cara pengusulan kegiatan

  1. Pimpinan fakultas/unit membuat surat pengantar yang ditujukan kepada Wakil Rektor Riset dan Inovasi Undip.
  2. Proposal kegiatan disusun dengan format sebagai berikut :
  • Judul
  • Halaman pengesahan oleh pimpinan
  • Abstrak Kegiatan
  • Daftar isi
  • Latar belakang kegiatan
  • Tujuan
  • Luaran dan indikator yang ingin dicapai
  • Susunan panitia
  • Rincian kegiatan
  • Jadwal kegiatan
  • Prospektif peserta
  • Gambaran kegiatan yang pernah ada (opsional)
  • Poster kegiatan
  • Anggaran biaya

Proposal dalam bentuk softcopy dapat diajukan melalui link bit.ly/PropWCU2021 dan dikirimkan melalui email ke wcu@live.undip.ac.id cc warek4@live.undip.ac.id dan io@live.undip.ac.id dengan subjek “Proposal Summer Course 2021”

 

Mekanisme Pelaporan

Penerima program membuat laporan hasil (dalam bentuk hardcopy dan PDF yang dikirim ke: wcu@live.undip.ac.id, warek4@live.undip.ac.id dan io@live.undip.ac.id) dengan format sebagai berikut:

  1. Cover
  2. Halaman pengesahan (judul, identitas pelaksana program dan ditanda-tangani oleh dekan)
  3. Kata Pengantar
  4. Daftar Isi
  5. Pendahuluan
    • Latar belakang
    • Tujuan
  6. Output yang dijanjikan
  7. Pelaksanaan kegiatan
    • Waktu
    • Tempat
    • Pencapaian (output yang diperoleh)
    • Rencana keberlanjutan summer course di tahun yang akan datang (sustainability)
  8. Lampiran-Lampiran:
    1. Bukti publikasi di website universitas para partisipan
    2. Bukti publikasi di koran/majalah
    3. Bukti video kegiatan
    4. Daftar peserta kegiatan (dalam bentuk tabel yang berisi nama, passport, dan afiliasi)
    5. CV para peserta kegiatan
    6. Bukti daftar hadir, NIM, paspor para peserta kegiatan

 

Kontak
Ahmad N. Al-Baarri, S.Pt., M.P., Ph.D (0812 2922 9220)