(024) 7460017 wcu@live.undip.ac.id

Sustainable Development Goals merupakan kesepakatan pembangunan global yang disepakati oleh kurang lebih 193 kepala negara, termasuk Indonesia. SDGs berisi 17 tujuan dan 169 target yang merupakan rencana aksi global untuk 15 tahun ke depan (berlaku sejak 2016 hingga 2030), guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungilingkungan. SDGs berlaku bagi seluruh negara (universal), sehingga seluruh negara tanpa kecuali negara maju memiliki kewajiban moral untuk mencapai Tujuan dan Target SDGs.

Disisi lain, pandemic COVID 19 sampai saat ini belum sepenuhnya berakhir. Pandemi ini telah menyebar di hampir 216 negara dan teritori didunia dengan total kasus 8,06 juta dengan angka kematian diatas 440 ribu jiwa (www.covid19.go.id , 18 Juni 2020). Menurut data yang dilansir oleh Pemerintah Pusat, hingga tanggal 17 Juni 2020 jumlah pasien positif terinfeksi
sebanyak 41.431 orang dan yang meninggal dunia 2.276 orang yang tersebar di 34 Provinsi.

Serie_6:  11th SDGs_Sustainable Cities and Communities

Tema: Mewujudkan Perumahan dan Perkotaan Inklusif di Era Pandemi Covid-19 dan Kehidupan New Normal

Salah satu tujuan dari SDGs yaitu SDGs 11 yang bertujuan untuk membangun kota dan pemukiman inklusif, aman, tahan lama dan berkelanjutan. Termasuk diantaranya beberapa target yaitu memastikan akses terhadap perumahan dan pelayanan dasar yang layak, aman dan terjangkau bagi semua dan meningkatkan mutu pemukiman kumuh; menyediakan akses terhadap sistem transportasi yang aman, terjangkau, mudah diakses, dan berkelanjutan bagi semua, meningkatkan keamanan jalan, dengan memperbanyak transportasi publik, dengan perhatian khusus terhadap kebutuhan dari mereka yang berada di situasi rentan, perempuan, anak-anak, orang dengan disablitas dan manual; meningkatkan urbanisasi yang inklusif dan berkelanjutan dan kapasitas untuk perencanaan dan pengelolaan pemukiman yang partisipatoris, terintegrasi dan berkelanjutan di setiap negara; menguatkan upaya untuk melindungi dan menjaga warisan budaya dan natural dunia; mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan perkapita di perkotaan, termasuk dengan memberikan perhatian khusus kepada kualitas udara dan kotamadya dan manajemen limbah lainnya; mendukung hubungan ekonomi, sosial dan lingkungan yang positif diantara area urban, peri-urban dan rural dengan menguatkan perencanaan pembangunan nasional dan regional; secara substantif meningkatkan jumlah kota dan pemukiman yang mengadopsi dan mengimplementasikan kebijakan dan rencana yang terintegrasi menuju inklusif, efisiensi sumber daya, mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim, tahan terhadap bencana, dan mengembangkan dan mengimplementasikan, sejalan dengan the Sendai Framework for Disaster Risk Reduction 2015-2030, dan manajemen resiko bencana yang holistic pada semua level.

Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   :  Kamis, 9 Juli 2020
Pukul               : 10.00-12.30 WIB

dengan menggunakan aplikasi ZOOM (linknya akan diberitahukan kemudian) dan disiarkan live di youtube official Undip. (1.000 peserta akan mengikuti live zoom webinar).

Peserta

Peserta terdiri dari Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah/BUMN, Instansi Swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat, Sekolah (SMA/SMP/Sederajat) yang mendaftarkan diri melalui https://bit.ly/PendaftaranSeri6

Sambutan : Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum., Rektor Universitas Diponegoro

Moderator:

Pembicara:

  1. Dr. Sofyan A Djalil, SH., MA., M. ALD.,Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (Link Materi)
  2. Ir. Diana Kusumastuti, MT,Direktur Bina Penataan Bangunan, Direktorat Jenderal Cipta Karya (Link Materi)
  3. Ruminah, S.Si, M. Eng., Plt Direktur Konsolidasi Tanah Kementerian ATR/BPN (Link Materi)
  4. Norliza Hashim., Chief Executive of Urbanice Malaysia (Link Materi)
  5. Dr. -Ing. Asnawi Manaf., Peneliti Perumahan dan Perkotaan Universitas Diponegoro (Link Materi)

 

Serie_5: 4th SDGs_Quality Education

Tema: Sistem Pembelajaran Daring yang Berkualitas di Era New Normal

Aktivitas masyarakat dibatasi guna mencegah penyebaran COVID 19 dan pembatasan aktivitas ini berdampak ke segala bidang, termasuk penutupan sementara sekolah-sekolah dan universitas-universitas yang berdampak pada lebih dari 91 persen siswa di seluruh dunia. Pemberhentian kegiatan pembelajaran dan pengalihan model pembelajaran ke sistem online
seperti Webex, Zoom, Microsoft teams, Google Classroom, dan yang lainnya dengan semaksimal mungkin untuk menjaga kualitas dari pembelajaran itu sendiri. Pandemi global ini memiliki konsekuensi luas yang dapat membahayakan pencapaian yang diperoleh dengan susah payah dalam meningkatkan pendidikan global. Diskusi mengenai kualitas pembelajaran
daring menjadi sangat penting untuk dilakukan.

Tujuan Kegiatan
Membahas metode pembelajaran yang digunakan di dunia pendidikan sebelum dan setelah pandemi COVID-19, termasuk ketercapaian kualitas yang sesuai dengan standar dan upaya mendukung tercapainya Sustainable Development Goals: Quality Education. Serta mendiskusikan sistem dan metode pembelajaran yang nantinya digunakan di Era New
Normal.

Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal : Senin, 29 Juni 2020
Pukul : 10.00-12.30 WIB
dengan menggunakan aplikasi ZOOM (linknya akan diberitahukan kemudian) dan disiarkan live di youtube official Undip. (1.000 peserta akan mengikuti live zoom webinar).

Peserta
Peserta terdiri dari Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah/BUMN, Instansi Swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat, Sekolah (SMA/SMP/Sederajat) yang mendaftarkan diri melalui https://bit.ly/PendaftaranSeri5

Sambutan : Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum., Rektor Universitas Diponegoro

Moderator: Prof. Budi Setiyono, S.Sos., M.Pol.Admin.,Ph.D, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Undip

Pembicara:

  1. Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D., Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Link Materi)
  2. Prof. Mohammad Nasir, PhD, Akt., Menteri Ristekdikti Periode 2014-2019, Staf Khusus Wapres RI (Link Materi)
  3. Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum., Rektor Universitas Diponegoro (Link Materi)
  4. Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph,D., Rektor Universitas Terbuka (Link Materi)
  5. Dr. Dina Wahyuni, Swinburne University of Technology Australia (Link Materi)

 

Serie_4: 13 SDGs_Climate Action

Tema: Pengaruh Pandemi COVID-19 dan Era New Normal pada Agenda Proyek Perubahan Iklim Nasional

Perkembangan iklim pada tahun 2019 yang teramati adalah peningkatan emisi gas rumah kaca, perubahan iklim terjadi pada tingkat yang jauh lebih cepat daripada yang diantisipasi dan dampaknya jelas dirasakan di seluruh dunia. Sementara langkah-langkah positif mungkin sudah diupayakan seperti pendanaan dan pendekatan kebijakan. Pengaruh pandemi COVID19 sangat menarik untuk didiskusikan, terutama terhadap parameter parameter perubahan iklim, dampaknya terhadap rencana dan agenda penanganan perubahan iklim nasional serta pembelajaran yang bisa diambil untuk nantinya diimplementasikan setelah pandemi ini berakhir.

Tujuan Kegiatan

Membahas pengaruh sebelum dan setelah pandemi COVID-19 terhadap parameter-parameter perubahan iklim, dampaknya terhadap rencana dan agenda penanganan perubahan iklim nasional serta pembelajaran yang bisa diambil untuk nantinya diimplementasikan setelah pandemi ini (The New Normal)

Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal  : Kamis, 11 Juni 2020
Pukul             : 09.00-12.00 WIB
dengan menggunakan aplikasi ZOOM (linknya akan diberitahukan kemudian) dan disiarkan live di youtube official Undip. (1.000 peserta akan mengikuti live zoom webinar).

Peserta

Peserta terdiri dari Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah/BUMN, Instansi Swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat, Sekolah (SMA/SMP/Sederajat) yang mendaftarkan diri melalui https://bit.ly/PendaftaranSeri4

 

Sambutan : Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum., Rektor Universitas Diponegoro

Moderator: Prof. Dr. Hadiyanto, ST, M.Sc, Wakil dekan I Sekolah Pascasarjana Universitas Diponegoro

Pembicara:

  1. Dr. (HC) Ir. H. Suharso Monoarfa, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia (Bappenas) (Link Materi)
  2. Dr. Ir. H. Irianto Lambrie, MM, Gubernur Kalimantan Utara (Link Materi)
  3. Dr. Ruandha Agung Sugardiman, M.Sc., Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Link Materi)
  4. Prof. Dr. Denny Nugroho S, ST., MSi., PUI-PT Pusat Kajian Mitigasi Bencana dan Rehabilitasi Pesisir Undip (Link Materi)
  5. R. Dwi Susanto, PhD, University of Maryland, USA Dewan Pakar IABIE dan I-4 USA (Link Materi)

 

Serie_3: 12 SDGs_Responsible Consumption and Production

Tema: Pola Konsumsi dan Produksi yang berkelanjutan di masa Pandemi Covid-19

Sebelum pandemi pemerintah secara aktif mengkampanyekan konsep pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan. Berbagai program dan kebijakan dibuat guna mendukung upaya implementasi SDG 12 ini baik untuk pelaku industri maupun masyarakat luas. Namun perkembangannya hingga saat ini dan pengaruh pandemic terhadap implementasinya perlu untuk didiskusikan lebih lanjut. Demikian pula seberapa kuat kapasitas ilmiah dan teknologi yang dikembangkan di Indonesia dapat mendukung pola-pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan ini serta peranannya dimasa pandemi ini akan sangat menarik untuk ditelusuri lebih lanjut.

Tujuan Kegiatan

Membahas pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan sebelum dan saat masa Pandemi Covid-19 serta memberi pengetahuan kepada masyarakat mengenai pola-pola konsumsi dan produksi berkelanjutan.

Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   : Kamis, 28 Mei 2020

Pukul               : 10.00-12.00 WIB

dengan menggunakan aplikasi ZOOM (linknya akan diberitahukan kemudian) dan disiarkan live di youtube official Undip.

Peserta

Peserta terdiri dari Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah/BUMN, Instansi Swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat, yang mendaftarkan diri melalui https://bit.ly/PendaftaranSeri3

Sambutan : Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum., Rektor Universitas Diponegoro

Moderator: Prof. Dr. Ir. Purwanto, DEA, Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Universitas Diponegoro

Pembicara:

  1. Ir. Noer Adi Wardojo, M.Sc., Kepala Pusat Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) (Link Materi)
  2. Ir. Rachmat Taufik Garsadi, M.Si, Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat (Link Materi)
  3. Prof. Ir. M. Agung Wibowo, MM, MSc, PhD. ,Dekan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (Link Materi)
  4. Dr. Timothius Lesmana Wanadjaya , Direktur Indonesia Cleaner Production Center (ICPC) (Link Materi)
  5. Dr. Mulyoto Pangestu, PhD, Monash University, Australia (Link Materi)

 

Serie_2: 1st SDGs_No Poverty

Tema: Strategi Ketahanan Ekonomi Masyarakat dalam Masa Pandemi Covid-19

Hampir seluruh negara di dunia termasuk Indonesia memberlakukan upaya social distancing dan city lockdown yang berdampak pada kegiatan ekonomi masyarakat. Pertumbuhan ekonomi beberapa negara besar didunia seperti China, Amerika Serikat dan Perancis minus. Tren penurunan perekonomian juga terjadi di Indonesia yang secara langsung berpengaruh pada peningkatan jumlah pengangguran dan peningkatan angka kemiskinan. Keadaan pandemi saat ini menuntut kita untuk meninjau kembali salah satu tujuan dari SDGs yaitu SDG No. 1 yaitu mengakhiri kemiskinan di manapun dan dalam semua bentuk. Termasuk diantaranya beberapa target yaitu di tingkat nasional mengimplementasikan sistem dan ukuran perlindungan sosial yang tepat bagi semua level masyarakat; memastikan semua penduduk, terutama penduduk miskin dan rentan mendapat hak setara mengakses sumber ekonomi (seperti halnya hak layanan dasar), kepemilikan dan akses pada lahan; dan membangun yang dibutuhkan dan layanan keuangan termasuk keuangan mikro.daya tahan dan kesiapan masyarakat miskin dan kelompok rentan menghadapi perubahan iklim, krisis lingkungan, ekonomi, sosial, dan bencana. Target-target tersebut sangat relevan dalam keadaan saat ini yang juga menuntut seluruh elemen masyarakat terutama kalangan akademisi dan praktisi untuk dapat menyumbangkan hasil pemikiran, hasil penelitian dan solusi kongkrit untuk menjawab permasalahan-permasalahan ekonomi yang timbul di masa Pandemi COVID 19 yang berdampak pada peningkatan angka kemiskinan.

Tujuan Kegiatan

Membahas dan merekomendasikan Strategi Ketahanan Ekonomi Masyarakat dalam masa Pandemi Covid-19

Waktu Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal        : Kamis, 14 Mei 2020

Pukul                    : 10.00-12.00 WIB

dengan menggunakan aplikasi ZOOM (linknya akan diberitahukan kemudian) dan disiarkan live di youtube official Undip.

Peserta

Peserta terdiri dari Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah/BUMN, Instansi Swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat, yang mendaftarkan diri melalui https://bit.ly/PendaftaranSeri2 Peserta akan dibagi menjadi 2 kategori :

  1. 100 pendaftar pertama atau terseleksi untuk mengikuti live Join Zoom Meeting Webinar
  2. Selebihnya akan diberikan link Live via YouTube Webinar

 

Sambutan : Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum., Rektor Universitas Diponegoro

Moderator: Dwi Cahyo Utomo, S.E., M.A., Ph.D.Akt, Plt. Wakil Rektor Bidang III Undip (Bidang Komunikasi dan Bisnis)

Pembicara:

  1. Prof. Muliaman Darmansyah Hadad, SE, MPA, PhD. Ketua MWA Undip/Dubes RI untuk Swiss/ Ketua Dewan Komisioner OJK Periode 2012-2017 (Link Materi)
  2. Prof. Mohammad Nasir, PhD, Akt., Komisaris Independen Bank Mandiri/Staf Khusus Wapres RI/ Menristekdikti Periode 2014-2019
  3. Prof. Dr Suharnomo, SE., MSi, Dekan FEB Undip (Link Materi)
  4. Dr. Eny Sri Hartati, Institute for Development of Economics and Finance/INDEF (Link Materi)
  5. Dr. Bayu Taufiq Possumah, Universiti Malaysia Terengganu (Link Materi)

 

Serie_1: 3rd SDGs_Health and Well-Being

Tema: Strategi Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat dalam Pandemi Covid-19

Keadaan pandemi saat ini menuntut kita untuk meninjau kembali salah satu tujuan dari SDGs yaitu SDG No. 3 yaitu memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua untuk semua usia. Selain itu beberapa target SDGs No 3 yaitu mendukung riset dan pengembangan dari vaksin dan obat-obatan untuk penyakit menulat dan tidak menular, yang secara khusus mempengaruhi negara-negara berkembang, menyediakan akses terhadap obat-obatan dasar dan vaksin yang terjangkau serta menguatkan kapasitas di setiap negara, khususnya di negara berkembang untuk peringatan dini, pengurangan resiko dan manajemen resiko kesehatan nasional dan global memiliki korelasi yang kuat dengan keadaan ini. Sampai saat ini, belum ada vaksin untuk mencegah infeksi virus Corona atau COVID-19. Sehingga perlu adanya pembahasan, pemikiran serta terobosan baru untuk mengatasi penyebaran dan penyembuhan pasien yang telah terinfeksi selain rekomendasi-rekomendasi yang telah disampaikan WHO, utamanya terkait dengan tujuan dan target SDGs No. 3. Keadaan ini juga menuntut seluruh elemen masyarakat terutama kalangan akademisi untuk dapat menyumbangkan hasil pemikiran dan hasil penelitian untuk menjawab permasalahan-permasalahan Kesehatan yang timbul di masa Pandemi COVID 19.

Tujuan Kegiatan

Membahas dan merekomendasikan Strategi Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat dalam Pandemi Covid-19

Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal   : Kamis, 30 April 2020

Pukul               : 10.00-11.30 WIB dengan menggunakan aplikasi ZOOM (linknya akan diberitahukan kemudian) dan disiarkan live di youtube official Undip.

Sambutan : Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH.,M.Hum., Rektor Universitas Diponegoro

Moderator: Prof. Dr. Denny Nugroho S, ST., MSi, Kepala Kantor Pemeringkatan UNDIP

Pembicara:

  1. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP, Gubernur Jawa Tengah (Link Materi)
  2. Dr. dr. Dwi Pudjonarko, Sp.S(K), Dekan FK Undip (Link Materi )
  3. Prof. Dr. Drh. I Gusti Ngurah Kade Mahardika, Guru Besar Universitas Udayana (Link Materi)
  4. Ass. Prof. Dr Djuli Acun Dermawan, Universiti Malaysia Sabah (Link Materi)